Antartika Benua Es

Kamis, 22 November 2012

Map picture

Fakta Unik Mengenai Samudra Antartika
DuniaQ Duniamu

Selimut es Antartika membesar dari minimum 2,6 juta km² pada bulan Maret mencapai 18,8 juta km² pada bulan September, berarti luasnya meningkat hampir 7 kali lipat. Arus Sirkumpolar Antartika (sepanjang 21.000 km) bergerak ke arah timur; merupakan arus samudra terbesar di dunia, mengalirkan 130 juta m³ air per detik, berarti 100 kali lipat seluruh aliran air sungai yang ada di dunia.
Temperatur air laut bervariasi antara 10 dan -2°C. Badai siklon berjalan dari arah timur mengelilingi benua dan sering sekali merupakan badai kuat karena adanya perbedaan temperatur yang nyata antara dataran es dengan laut terbuka. Wilayah samudra dari lintang 40 LS sampai ke Lingkar Antartika merupakan wilayah dengan kecepatan angin rata-rata paling kuat dibandingkan tempat manapun di permukaan bumi.
Pada musim dingin, samudra membeku hingga mencapai 65° LS di sektor Pasifik dan sampai 55° LS di sektor Atlantik, temperatur permukaan turun hingga di bawah 0 °C. Pada beberapa titik di pantai benua, masih ditemukan daerah bebas es, hal ini disebabkan adanya angin yang kuat yang terus menerus berhembus dari dalam benua ke arah samudra.

Antartika
merupakan benua yang meliputiKutub Selatan Bumi. Tempat terdingin di muka bumi ini sebahagian besar diliputiais sepanjang tahun.
Meskipun legenda dan spekulasi tentang sebuah Terra Australis ("Tanah Selatan") sudah ada sejak zaman kuno, penemuan benua yang pertama kali diterima umum terjadi pada 1820 dan pendaratan yang pertama terverifikasi pada1821. Namun, peta yang dibuat Admiral Piri Reis pada 1513 memuat sebuah benua selatan yang mungkin mirip dengan pantai Antartika. (Lihat juga Sejarah Antartika).
Dengan luas 13.200.000 km², Antartika adalah benua terluas kelima setelahEurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Namun,populasinya terkecil, jauh di bawah yang lain (umumnya dihuni oleh para peneliti dan ilmuwan untuk batas waktu tertentu saja). Benua ini juga memiliki ketinggian tanah rata-rata tertinggi, kelembapan rata-rata terendah, dan suhu rata-rata terendah di antara semua benua di bumi.
Antartika merupakan zon bebas, walaupun sampai saat ini masih ada beberapa negara di dunia yang mengajukan tuntutan hak milik wilayah di benua Antartika tersebut.

Mengapa Antartika Unik?

Antartika, benua putih tanpa terik matahari, tanpa indahnya kemilau surya di siang hari dan waktu malam yang begitu panjang. Tempat dimanaberuang kutub begitu asyik menghabiskan sepanjang hidup dengan "mantel alamiah' bertahun-tahun lamanya. Itulah cerita yang sering sekali dilontarkan oleh ayah saya sebelum saya tidur. Dongeng indah yang selalu menggambarkan begitu unik dan menyenangkan bila kita tinggal di suatu kawasan "snow area". Namun, seiring beranjak waktu dan berbekal data dari beberapa artikel yang saya baca, maka saya semakin mengetahui fakta sesungguhnyamengenai benua ini. Memang seluruh cerita versi ayah saya tak semuanya nyata. Namun beliau ternyata ada benarnya. Mengenai apa? yup, mengenai keunikan Antartika.

Antartika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi. Tempat terdingin di muka bumi ini sebagian besar tertutup es sepanjang tahun, dengansuhu yang mencapai -85 dan -90 derajat Celsius di musim dingin dan 30 derajat lebih tinggi di musim panas. Benua ini juga memiliki ketinggian tanah rata-rata tertinggi, kelembaban rata-rata terendah, dan suhu rata-rata terendah di antara semua benua di bumi. Sebenarnya masih banyak fakta dari benua Antartika yang mungkin  belum kita ketahui,  menarik untuk ditelusuri. Misalnya:
1. Siapa Pemilik Antartika
Antartika memiliki keistimewaan, yaitu satu satunya di bumi yang tidak diperintah oleh bangsa manapun. Benua ini merupakan zona bebas yang tidak memiliki negara dan pemerintah. Walaupun sampai saat ini masih ada beberapa negara di dunia yang mengajukan klaim kepemilikan wilayah di benua Antartika tersebut.
2. Meteorit
Salah satu yang paling menarik tentang benua ini adalah tempat terbaik di dunia untuk menemukan meteorit. Ternyata, jumlah meteorit yang menabrak lapisan es Antartika,tersimpan baik daripada meteroit yang jatuh di belahan bumi lainnya. Pecahan meteroit dari Mars adalah salah satu penemuan paling berharga dan tak terduga. Rupanya meteorit ini mencapai bumi dengan kecepatan mencapai sekitar 18.000 km/jam.
3.  Tidak Memiliki Zona Waktu
Antartika adalah benua tanpa zona waktu. Para ilmuwan yang tinggal di Antartika biasanya menggunakan zona waktu negara asalnya.
4. Hewan
Antartika merupakan benua yang jarang memiliki hewan darat. Salah satu bentuk terbesar dapat hidup di sini adalah serangga. Diantaranya, Belgica Antartika yang memiliki panjang 1,3 cm. serangga ini juga memiliki sayap yang kecil. Tidak ada serangga yang mampu terbang, karena kondisi sangat berangin. Namun, springtails hitam yang melompat seperti kutu dapat ditemukan di antara koloni penguin. Selain itu, informasi menarik lainnya adalah Antartika adalah satu satunya benua yang tidak memiliki spesies semut.
5. Global Warming
Es utama pada daratan Antartika di Kutub Selatan, sekitar 90% es dunia (dan 70% air segar). Antartika tertutup es rata rata 2.133 meter (7000 kaki) tebal nya. Jika semua es Antartika mencair, permukaan air laut di seluruh dunia akan mengalami kenaikan sekitar 61 meter (200 kaki). Anda tahu, jika suhu rata rata di Antartika saat ini ialah -37 celsius, sehingga akan membahayakan bumi kita dengan adanya pencairan es kutub. Bahkan sebagian besar daratan di benua tersebut, ada yang berada di atas titik beku karena suhu global yang meningkat drastis.
Tambahan
Bongkahan Es Raksasa The Iceberg -B-15
Iceberg B-15 adalah salah satu gunung es terbesar di dunia. Ukurannya sekitar panjang 295 km  dan lebar 37 km (183-23 mil), dengan luas permukaan 11.000 km persegi (4250 mil persegi), ukurannya lebih besar dari pulau Jamaika. Massa bongkahan es tersebut diperkirakan sekitar tiga miliar ton. Setelah hampir satu dekade, bagian daro B-15 masih belum mencair.
Begitulah. Tertarik? Ayo kita siapkan tabungan untuk segera menuju ke sana.. Siapkan saja mantel anda,hehehe :)

0 komentar:

Poskan Komentar