Windows 8 Mampu Mengalahkan Apple dan Google? Inilah 5 Alasannya

Tuesday, October 30, 2012
Windows 8 Mampu Mengalahkan Apple dan Google? Inilah 5 Alasannya
Selasa, 2012-10-30 12:00:00 WIB

(Teknobiz - Software) Apple dengan iOS dan Google melalui Android boleh saja menjadi sistem operasi paling populer saat ini. Tapi jangan remehkan Microsoft yang baru saja meluncurkan Windows 8. Setidaknya mereka punya 5 alasan untuk mengalahkan kedua OS tersebut.

Windows 8 memang merupakan upgrade dari Windows 7 yang notabene-nya adalah sistem operasi untuk desktop. Tapi Microsoft punya kelebihan dalam memberikan perubahan impresif di OS terbarunya ini. Dengan optimalisasi untuk layar sentuh, Windows 8 dipercaya mengisi kekosongan antara tablet dan laptop.



Tapi bukan itu saja alasan Windows 8 diprediksi bisa kalahkan Android dan iOS secara keseluruhan. Berikut alasannya, yang dikutip dari Tech Radar, Selasa (30/10/2012).

Konvergensi Laptop & Tablet

Windows 8 memang dijual sebagai OS komputer desktop, tapi lebih dari itu sistem operasi ini sejatinya adalah konvergensi antara laptop dan tablet. Dan hanya Microsoft yang memiliki unifikasi ke dalam dua perangkat sekaligus.

Apple tak punya strategi konvergensi tersebut. Seperti dikatakan CEO Apple Tim Cook, produk Apple tak ada yang 'mengkanibal' produk lainnya.

Lihat saja Mac Mini tertatih-tatih untuk melindungi iMac. iMac yang melindungi Mac Pro dan iPad yang tidak diperbolehkan untuk berjalan ke wilayah MacBook, begitu juga sebaliknya.

Demikian juga Google, Chrome OS bukan OS notebook sepenuhnya yang siap disokong. Begitu juga Android, OS ini boleh saja superior di platform mobile, tapi belum cukup pengalaman di tablet dan belum pas untuk laptop.

Interface Superior

Antarmuka Windows 8 sebelumnya dikenal sebagai Metro, lalu sebelum diluncurkan berganti nama menjadi modern UI style.

Secara harfiah memang antar muka yang berubah menjadi lebih modern khususnya dalam hal teknologi layar sentuh. Ini memang bukan yang sempurna, tapi perubahan ini segar dengan sentuhan kontemporer.

Menurut Techradar, ini kombinasi yang responsif antar Apple iOS dengan kekuataan dan konfigurasi ala Google Android. Ini terlihat lebih baik dari keduanya.

Dukungan Penuh ARM dan X86

ARM mempunyai kelebihan dalam hal efisiensi daya dan X86 terkenal karena nama besar chipset Intel yang mempunyai kekuatan. Windows 8 mempunyai keuntungan dengan mendukung keduanya, walau dengan nama yang berbeda.

Memang Android selain ARM, juga mendukung X86. Tapi dari berbagai pengalaman dan komentar, Android yang kompatibel dengan chipset X86 masih dirasa belum powerful.

Sedangkan iOS, sebagaimana diketahui hanya didukung di atas perangkat ARM saja.

Multitasking

Sistem multitasking memang sudah ada di versi Windows sebelumnya. Tapi di Windows 8 hadir dengan sistem yang jauh lebih baik lagi.

Sekarang bahkan lebih baik dari sebelumnya berkat pilihan manajemen task bar bergaya 'old school' pada desktop dan 'snapping' aplikasi di antarmuka modern.

Microsoft juga telah menambahkan beberapa aplikasi gesture ke UI modern. Sederhananya, Windows 8 adalah beberapa mil di depan iOS dan Android untuk switching multi tasking dan aplikasi.

Mendukung Software Lawas

Oke, ini hanya berlaku untuk versi x86 reguler dari Windows 8 dan bukan ARM yang kompatibel Windows RT. Tapi Windows 8 menawarkan, sesuatu yang jarang dilakukan sistem operasi terkini. Apalagi dengan dukungan eksosistem yang diciptakan Microsoft.

'Tak ada gading yang tak retak', sedikt tambahan bahwa Windows 8 memang belum sempurna, termasuk modus desktop khas dikebiri di Windows RT. Lalu ada jumlah aplikasi untuk touch screen pun belum sebanyak Android dan iOS.

Tapi ada banyak waktu untuk menutupi kekurangan Windows 8 itu. Untuk saat ini, mari kita fokus pada fakta bahwa itu adalah langkah besar ke depan untuk Microsoft.

0 comments:

Post a Comment